Cara Pelemasan Jari (Fingering) dan Tutorial Pada Bass

Hai Sobat bassis semua, bagaimana nih dengan kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya. Salam hangat saya ucapkan buat sobat basiis semua dan salam perdamaian dari semua musisi Indonesia. Saya do'akan semoga segala kegiatan, usaha, dan aktifitas sobat semua lancar dan sukses.

Di pembahasan yang ke - 4 mengenai bass ini, saya akam membahas mengenai cara pelemasan pada jari atau sering yang kita kenal yaitu dengan sebutan fingering ya. Fingering memiliki banyak ketentuan, karena setiap pemain bass pasti memiliki fingering tersendiri ya, nah di sini saya akan sedikit memberikan fingering yang paling dasar.


BAGAIMANA FINGERING ITU ???

Sebelum memasuki ke pembahasan, saya akan menerangkan apa itu pengertian dari fingering, barang kali aja ada sobat bassis yang belum mengetahuinya. Fingering itu adalah suatu latihan yang dilakukan secara rutin dengan bertujuan agar jari - jari tidak kaku. Dengan arti lain fingering itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi semua musisi okeh.

Artikel terkait :
Seperti yang saya katakan di atas, semua musisi pasti memiliki teknik fingering tersendiri, termasuk pada seorang bassis. Dari teknik fingering tersebut tidak sedikit loh yang menciptakan terknik sendiri dalam melakukan fingering. Nah untuk kali ini teknik fingering yang akan saya gunakan yaitu dengan alur 1 2 3 4 NORMAL, dan 1 2 3 4 SILANG bisa dimengerti ga? Hadoh elo aja kali yang ngerti gw kagak hehehe. Santai akan saya jelaskan sob.

Jadi yang di maksud 1 2 3 4 itu adalah jari pada tangan kiri ( dimulai dari telunjuk itu satu), untuk kata NORMAL yaitu melakukan pijitan pada senar di finger board dengan lurus tanpa naik turun, untuk SILANG yaitu melakukan pijitan pada senar di finger board dengan cara menyilang atau naik turun. Bagaimana sudah mengerti? Aduh masing pusing juga ya, ya sudah deh liat nih video amatir ini.


Nah disitu saya menggunakan video agar sobat semua bisa mencernanya secara detail. Saya menyarankan kepada sobat semua, gunakanlah tempo yang pelan dulu sebelum lari ke tempo yang cepat. Berlatih dengan menggunakan tempo / ketukan yang pelan bisa berdampak positif bagi sobat semua, berbeda dengan sobat langsung berlatih ke tempo yang sangat cepat itu aka mempengaruhi permainan alias acak - acakan (semrawut).

Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat semua, terus lah berlatih dan jangan pernah menyerah. Jangan ikuti rasa malas sobat semua, karena bila mengikuti rasa malas itu akan sia - sia saja.

Jangan lupa tinggalkan KOMENTARNYA ya, , , !!!
Jangan lupa juga di SHARE agar bisa saling berbagi ilmu ke sobat - sobat yang lainya.

0 Response to "Cara Pelemasan Jari (Fingering) dan Tutorial Pada Bass "

Post a Comment