Cara Menjadi Band Sukses Harus Mempunyai Jadwal Latihan

Hai sobat musisi semua, Salam hangat saya ucapkan bagi sobat musisi semua, semoga di hari ini dan seterusnya sobat bisa terus berkarya tanpa kenal menyerah ya. Selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam, semoga segala kegiatan, usaha dan kesibukan sobat terus berjalan dengan lancar dan semakin sukses terus.

Di pembahasan yang ke - 5 mengenai group band ini saya akan membahas mengenai cara latihan atau juga jadwal latihan bagi suatu band. Banyak yang menyepelekan mengenai latihan band, banyak juga yang tidak memperhatikan poin latihan itu penting atau tidak. nah di sini saya akan menerangkan mengenai jadwal dan manfaat mengenai latihan pada sebuah band.


BAGAIMANA JADWAL LATIHAN BAND ITU ???

Sebelum sobat melakukan tahap latihan yang fokus alangkah baiknya sobat harus mempunyai visi dan misi sebuah band, apa dan bagaimana visi dan misi sebuah band itu??? Silahkan sobat ketik tulisan yang berwarna biru ini.

Jadwal latihan sebuah band sangat penting sekali peranya, tanpa adanya latihan di sebuah band, maka band itu hasilnya akan NOL BESAR. Seperti yang di ketahui sobat semua, sesuatu pasti berawal dari  yang bawah dulu hingga kita bisa mencapainya ke tahap yang lebih atas atau lebih tinggi dan hasilnya pun akan memuaskan.

Jadwal Latihan Band

Bagi sobat yang sudah memiliki sebuah band mulailah dengan membicarakan mengenai jadwal latihan band sobat, mulailah bicarakan dari hari apa, jam berapa, berapa lama, seminggu berapa kali latihan, latihan mengenai apa saja, dan lain sebagainya. Hal - hal kecil tersebut sangat tidak di perhatikan oleh kebanyakan band, karena itu hanya di anggap sesuatu yang sangat biasa.

Mulai dari hari latihan tanya ke semua personil kira kira dalam seminggu itu ada waktu luang berapa hari dan tentukan hari apa saja dan jam berapa. Buatlah sebuah catatan di buku kecil saja mengenai latihan hari besok itu kita akan melakuka apa saja, apakah mau menciptakan sebuah lagu, apakah mau memperluas skill, apakan akan di adakan pembahasan, apakah mau berbagi ide, dan lain sebagainya.

Intinya dari kata - kata saya tadi, buatlah suatu konsep yang bisa berdampak positif ke band sobat, dan bisa membuat band sobat menjadi hebat dengan suatu hal kecil yaitu jadwal latihan band. Saya sarankan dalam satu minggu minimal 1x kumpul selama 3 jam, dam maksimalnya dalam seminggu 2x kumpul selama 2 jam. Itu semua tergantung dari keputusan bersama dan ingat jangan egois dan harus saling membantu.

Manfaat Jadwal Latihan Band

Manfaat yang saya rasakan terhadap latihan rutin sangat banyak sekali, cuma terkadang banyak yang tidak menyadarinya yang ada hanya keluhan saja. Sedikit saya uraikan mengenai manfaat yang saya dapatkan dari jadwal latihan band yang rutin :
  • Skill permainan saya sedikit demi sedikit bisa bertambah dengan seringnya latihan, karena tanpa kita sadari di bulan kemarin kita hanya bisa memainkan teknik ini dan di bulan sekarang saya bisa melakukan teknik ini.
  • Kita bisa mengetahui sifat asli personil band kita, karena dengan seringnya kita berkumpul dan terus bersama, kita bisa menghormati dan menyesuaikan diri kita itu harus bagaimana ketika kita sedang berkomunikasi dengan dia.
  • Bisa bermain band dengan rapi. Satu tahun kebelakang saya bermain musik bersama teman - teman itu masih acak - acakan dan tidak sesuai dengan tempo (ketukan), dan tahun sekarang saya sedikitnya mengikuti alur tempo atau ketukan sebuah lagu.
  • Bisa mengerti tentang kunci - kunci yang tidak normal. Dengan seringnya kita berkumpul dan saling berbagi ilmu mengenai musik kita mengetahui kunci - kunci gitar yang sangat bikin kesel. Contoh 3 bulan ke belakang kita hanya mengetahui kunci gitar A dan Am, dan sekarang kita bisa mengetahui bagai mana itu kunci A7, Adim, Asus, dan lain sebagainya.
Nah itu sebagian kecil yang bisa saya sampaikan, dan itu pun hanya sebagian kecil saja yang saya sebutkan, so jadi jangan pernah meremehkan mengenai jadwal latihan band karena itu sangat penting dan sangat berharga bagi semua band. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat musisi semua ya.

Jangan lupa tinggalkan KOMENTARNYA ya, , , !!!
Jangan lupa juga di SHARE biar bisa saling berbagi ilmu ke musisi yang lainya.

4 Responses to "Cara Menjadi Band Sukses Harus Mempunyai Jadwal Latihan"